MAKALAH "Pemikiran Imam Al-Ghazali"

Posted by at 1 komentar

MAKALAH
Pemikiran Imam Al-Ghazali
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Filsafat Islam yang Di Bimbing oleh
Dosen Pengampu : Dr. Fawaizul Umam, M,Ag,




Di Susun Oleh :

                                                MUSFIK ALAMSYAH                    U20162006
                                                DEYIS MAGFIROTUL H.               U20162014
                                                SITI KHOLIDA                                 U20162029



FAKULTAS USHULUDDIN ADAB DAN HUMANIORA
PRODI ILMU HADIST
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER
TAHUN 2017-2018





DAFTAR ISI

COVER ...................................................................................................................... i
DAFTAR ISI............................................................................................................. ii
                       
BAB I ........................................................................................................................ 1
PENDAHULUAN..................................................................................................... 1
Latar Belakang........................................................................................................... 1
Rumusan Masalah....................................................................................................... 1
BAB II....................................................................................................................... 2
PEMBAHASAN........................................................................................................ 2
Biografi Imam Al ghazali........................................................................................... 2
Al ghazali seorang filusuf........................................................................................... 4
Corak tasawwuf al ghazali......................................................................................... 7
Pemikiran al Ghzali..................................................................................................... 9
BAB III...................................................................................................................... 8
PENUTUP................................................................................................................ 10
Kesimpulan............................................................................................................... 10
Daftar Pustaka.......................................................................................................... 10



                                   
                 
           

           
           
           

            
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Ketika filsafat Islam dibicarakan, maka terbayang disana hadir beberapa tokoh yang disebut sebagai filosof muslim seperti Al-Kindi, Ibnu Sina, Al-Farabi, Ibnu Rusyd, Al-Ghazali, dan seterusnya. Kehadiran para tokoh ini memang tidak bisa dihindarkan,  karena dari merekalah kita dapat mengenal filsafat islam, akan tetapi juga karena pada mereka benih-benih filsafat Islam dikembangkan.
Dalam makalah ini, penulis hanya membatasi pemaparan mengenai Al-Ghazali, seorang ulama besar yang pemikirannya sangat berpengaruh terhadap Islam dan filsafat Dunia Timur. Beliau adalah seorang sufi sekaligus seorang teolog yang mendapat julukan Hujjah al- Islam. Pemikiran Al-Ghazali begitu beragam dan banyak,  mulai dari pikiran beliau dalam bidang teologi (kalam), tasawuf, dan filsafat. Dalam Hal ini akan dibahas tentang filsafat Al-Ghazali yang berkaitan dengan biografi, hasil karya, pemikirannya dan kritik terhadap filosof Muslim lainnya. 
2.  Rumusan Masalah
1.      Bagaimanakah Biografi Imam Al Ghazali ?
2.      Apakah Al-Ghazali Seorang filusuf ?
3.      Bagaimana corak tasawwuf imam Al ghzali ?
4.      Bagaimana pemikiran imam Al Ghazali ?








BAB II
PEMBAHASAN
1.      Biografi Imam Al-Ghazali
Al ghazali, Nama lengkapnya ialah Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad al-Thusi al-Ghazali. lahir pada tahun 450 H/1058 M, di desa Thus, wilayah Khurasan, Iran. Namanya kadang diucapkan Ghazzali (dua Z), artinya tukang pintal benang, Karena pekerjaan ayah al-Ghazali ialah tukang pintal benang wol. Sedangkan yang lazim ialah Ghazali (satu Z), diambil dari kata Ghazalah nama kampung kelahirannya.[1]
Pada mulanya, Al-Ghazali belajar di tempat asalnya, Thus. Disini  ia belajar ilmu fiqh pada seorang ulama yang bernama Ahmad ibn Muhammad Ar-Razakani. Setelah itu, ia belajar di Jurjan pada Imam Abu Nashr al-Isma’ili, di mana ia menulis suatu ulasan dalam ilmu fiqh. Al-Ghazali melanjutkan studinya di Naisabur pada seorang ulama terkenal, Imam Al-Haramain Abu Al-Ma’ali Al-Juwaini. Di sini, ia belajar mazhab-mazhab fiqh, retorika, logika dan juga ilmu filsafat, sehingga melebihi kawan-kawannya. Dan setelah Imam Al-Juwaini  meninggal tahun 478 H. Al-Ghazali meninggalkan Naisabur menuju Mu’askar untuk bertemu dengan Nizhamu’I-Muluk Perdana Menteri Bani Saljuk. Mu’askar adalah suatu lapangan luas di sebelah Kota Naisabur dimana didirikan barak-barak militer oleh Nizham Al-Muluk. Di sini, Al-Ghazali diterima dengan penuh kehormatan olehnya, terutama karena kemampuannya dalam mengalahkan para ulama setempat dalam munazharah.[2]
Dengan bantuan Nizhamu’I-Mulk, Al-Ghazali pergi ke kota Baghdad pada tahun 484 H/1090 M. Nizam Al-Muluk akhirnya melantik Al-Ghazali pada tahun 484 H/1091 M, sebagai guru besar pada perguruan Tinggi Nizamiyah  di kota Baghdad. Ia juga mengajar di perguruan tinggi tersebut. Disamping  menjadi guru besar di Nizamiyah, Al-Ghazali   diangkat sebagai mufti untuk membantu  pemerintah dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang muncul dalam masyarakat. Ia melaksanakan tugasnya dengan baik sekali, sehingga banyak para penuntut ilmu memadati halqahnya. Namanya menjadi lebih dikenal di kawasan itu karena berbagai fatwa agama yang dikeluarkannya. Di samping mengajar, ia mulai berpikir dan menulis dalam ilmu fiqh dan Al-Kalam dan juga kitab-kitab yang berisi sanggahan terhadap aliran-aliran Batiniyyah, Ismailiyyah dan falsafah.
Akan tetapi, ia mulai mengalami krisis rohani pada tahun 488 H/1098 M. Yakni krisis keraguan yang meliputi aqidah dan semua jenis ma’rifah, baik yang empiris maupun yang rasional. Periode ini menandai perubahan orientasi Al-Ghazali, yang memilih melakukan ritual sufistik untuk mencapai ketenangan hati. Al-Ghazali menjelaskan dalam otobiografinya mengapa ia meninggalkan karir cemerlang dan berpaling ke tasawuf. Hal itu kemudian ia jelaskan bahwa kesadarannya meyakinkan dia bahwa tidak ada cara untuk mendapatkan pengetahuan sejati dan ketenangan hati kecuali melalui sufisme.[3]
            Kesadaran Al-Ghazali ini juga bisa berkaitan dengan kritiknya terhadap filsafat Islam. Bahkan, penolakannya terhadap filsafat Islam bukan merupakan sebuah kritisisme dari sudut pandang theologi orthodoks saja. Pertama, sikap Al-Ghazali terhadap filsafat terlihat ambivalen. Pada satu sisi, Al-Ghazali menerima beberapa bagian dari filsafat, seperti ilmu alam dan logika. Al-Ghazali berusaha menguasai filsafat untuk kemudian melakukan kritikan terhadapnya. Pentingnya kritiknya tersebut terletak pada demonstrasi filosofisnya yang menyatakan argumen –argumen yang dikemukakan para filosofof metafisis tidak dapat bertahan dalam pengujian. Namun di sisi lain, ia juga dipaksa mengakui bahwa kepastian-kepastian agama seperti kebenaran wahyu, alam gaib, dan kenabian tidak dapat diperoleh dengan pembuktian nalar.[4]
Pencarian kebenaran Al-Ghazali ini kemudian dilakukan selama 10 tahun di menara masjid Damaskus. Setelah melakukan suluk sufinya, pemikiran Al-Ghazali yang sebelumnya banyak dihiasi dengan argumentasi teologis dan filsofis mendapatkan warna baru dengan sentuhan sufistik. Hal ini semakin melengkapi konstruk rancang bangun pemikirannya. Atas kecemerlangannya, julukan hujjatul Islam disematkan kepada Al-Ghazali sebagai apresiasi karya-karyanya yang sangat ensiklopedis.
Krisis itu tidak lebih dari pada dua bulan. Setelah itu, ia memperdalam studi tentang sekte-sekte teologi, ilmu kalam, falsafah serta menulis berbagai kitab dalam bidang falsafah, batiniyyah, fiqh dan lain-lain. Namun, Al-Ghazali tidak merasa puas terhadap kerjanya itu, lalu ia meninggalkan kota Baghdad menuju Damaskus, di mana ia tinggal selama lebih kurang dua tahuh. Dalam masa ini, ia menghabiskan waktunya untuk berkhalwah dan beribadah serta beri’tikaf di Mesjid kota ini, mengurung diri di menara mesjid pada waktu siang hari. Lalu ia berpindah ke Baitulmakdis untuk melanjutkan khalwah dan ibadahnya kepada Allah.
Dalam usia 55 tahun al-Ghazali meninggal dunia di Thus pada 14 Jumadil akhir 550 H, 19 Desember 1111 M dengan dihadapi oleh saudara laki-lakinya Abu ahmad Mujjidduddin. Jenazahnya dimakamkan di sebelah timur benteng di makam Thaberran bersisian dengan makam penyair besar Firdausi. [5]
2.      Al-Ghazali Seorang Filosof?
Polemik Al-Ghazali dengan para filosof, yang ia tuliskan dalam karyanya yang terkenal, Tahafut al-Falasifah membuat sebagian orang memandang bahwa Al-Ghazali adalah orang yang anti filsafat, anti rasio, dan seorang ulama orthodoks semata. Dari sini kemudian Al-Ghazali banyak mendapat kecaman karena dituding sebagai seorang yang bertanggung jawab memundurkan capaian intelektual umat Islam. Dalam buku tersebut Al-Ghazali menerangkan kelemahan-kelemahan argumentasi para filosof. Apakah mungkin satu karya yang mengkritik filsafat dapat disebut sebagai buku filsafat?  Al-Ghazali sendiri beberapa kali kesempatan mengatakan bahwa tujuannya menulis buku tersebut memang untuk merobohkan bangunan filsafat. Lantas apakah mungkin pengarang seperti ini dapat digolongkan sebagai seorang filosof ?
Jawaban dari persoalan ini bisa dilihat dari dua sisi. Pertama apabila filsafat diartikan sebagai aliran pemikiran Ibnu Sina dan Al-Farabi serta beberapa pemikir sealiran yang berbicara masalah-masalah ketuhanan, metafisika, jiwa manusia, tanpa melihat proses deduksi dan metode yang digunakan, maka bisa dikatakan bahwa Al-Ghazali bukanlah seorang filosof dan buku karyanya tersebut bukanlah buku filsafat, karena berisi hantaman terhadap pemikiran kedua tokoh filsafat tersebut.[6]
Dasar dari argumen pertama ini dapat dipertanyakan, yaitu apakah lapangan filsafat hanyalah apa-apa yang dibicarakan oleh Al-Farabi dan Ibnu Sina saja? Bagaimana dengan pendapat para filosof lainnya? Apakah bidang garapan filsafat hanya terbatas pada persoalan metafisika semata? Lalu jika tujuan berfilsafat adalah dalam rangka mencapai kebenaran lewat akal, maka apakah yang dilakukan Al-Ghazali bukan sebuah bentuk pencarian kebenaran melalui logika?
Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diatas dapat diuraikan lebih jelas apabila kita membuka simpul ikatan yang mengunci bidang kajian filsafat terbatas pada masalah ketuhanan dan metafisika saja. Jika kita perluas pengertian filsafat sebagai usaha untuk menemukan kebenaran menggunakan akal, maka upaya Al-Ghazali ini bisa dikatakan sebagai upaya filosofis. Pendapat-pendapat dalam disiplin filsafat sangatlah beragam, akan sangat mengherankan apabila dibatasi hanya pada Al-Farabi dan Ibnu Sina, meskipun kita tidak dapat menyangkal kebesaran kedua sosok pemikir muslim tersebut.[7]
Dalam buku tahafutnya tersebut Al-Ghazali menunjukkan bahwa argumen-argumen yang disebutkan oleh Al-Farabi dan Ibnu Sina penuh dengan kerancuan. Al-Ghazali melontarkan kritikannya tersebut melalui metode yang sama dengan yang digunakan Ibnu Sina. Bahkan beberapa penstudi menyatakan bahwa argumentasi yang diberikan Al-Ghazali jauh lebih detail dan mendalam dari Ibnu Sina dan Al-Farabi. Jadi dapat dilihat disini bahwa kritikan Al-Ghazali bisa digolongkan ke dalam usaha filsofis karena melihat dari metode dan tujuan yang hendak diraihnya.
Dalam lapangan filsafat, tradisi kritisisme merupakan salah satu tradisi yang lumrah. Bahkan kritisisme dapat dianggap sebagai inti dari kegiatan berfilsafat, karena mustahil suatu pemikiran manusia akan tetap berdiri sebagai entitas yang kebenarannya relevan dengan perubahan masa. Dengan adanya tradisi kritisisme tersebut, maka kesalahan-kesalahan yang dilakukan para pendahulu dapat dikoreksi dan dibenarkan dengan pemikiran yang datang di masa terkemudian. Sikap skeptis Al-Ghazali tersebut bisa disamakan dengan kritikan Aristoteles terhadap teori idea yang dikembangkan gurunya, Plato. Dan apakah dengan kritikan Aristoteles kepada Plato tersebut lantas Aristoteles bisa dianggap menolak filsafat? Dan apakah kemudian bangunan filsafat bisa roboh secara keseluruhan? Mungkin pernyataan Aristoteles bisa kita perhatikan: “Aku mencintai kebenaran. Dan aku mencintai Plato. Aku juga mencintai kebenaran yang ada pada diri Plato. Namun jika disuruh memilih, aku akan lebih memilih kebenaran daripada Plato”.[8]
 Selain itu, pernyataan bahwa Al-Ghazali adalah seorang yang gigih menentang filsafat tidaklah salah sepenuhnya apabila kita hanya menelaah buku tahafut saja. Namun menjadi lain persoalan jika kita melihat dan membandingkannya dengan karya-karya Al-Ghazali yang lain, dimana dengan jelas terlihat bahwa pemikir berkebangsaan Persia ini adalah seorang rasionalis tulen. Kecaman Al-Ghazali terhadap para filosof tidak lantas diartikan bahwa ia seorang anti rasio. Kritisisme cendekiawan muslim ini sejatinya tidak dalam rangka membunuh kreativitas intelektual umat Islam karena ia sendiri memberikan apresiasi yang positif terhadap akal sebagai salah satu instrumen mencari pengetahuan.          
3.      Corak tasawuf Al-Gazali
            Yang menarik dalam sejarah hidup Al-Gazali adalah kehausannya akan segala macam pengetahuan serta keinginannya untuk mencapai keyakinan dan mengetahui hakikat sesuatu. Al-Gazali tidak percaya akan kebenaran semua macam pengetahuan, kecuali yang bersifat indrawi dan axioma. Akan tetapi akhirnya, terhadap kedua macam pengetahuan itu pun, ia tidak mempercayainya. Ia berada dalam keragu-raguan terhadap kedua pengetahuan itu. Namun sikap keragu-raguannya itu hanya berlangsung 2 bulan saja kemudia ia bisa sembuh dari keragu-raguan itu bukan karena dalil melainkan karena cahaya Tuhan yang dilimpahkan-Nya dalam hatinya. Cahaya inilah yang menjadi kunci dari segala pengtahuan bagi Al-Gazali.setelah Al-Gazali mendapatkan cahaya tersebut maka membuka fase kehidupan baru bagi Al-Gazali dimana tasawuf mendapat tempat seluas-luasnya pada dirinya.[9]
            Tasawuf dengan sikap yang negatif dan asing dari semangat jiwa islam, sebagaimana yang terlihat pada aliran-aliran tasawuf ektrim, yag menimbulkan reaksi dan kemarahan islam sunni. Maka datanglah Al-Gazali untuk memasukkan tasawuf dalam pengakuan islam sunni. Ia memasuki kehidupan tasawuf, namun dirinya tidak melibatkan diri dalam aliran tasawuf inkarnasi, atau tasawuf panteisme dan buku-buku yag dikarangnya juga tidak pula keluar dari jalan islam yang benar.
            Pengetahuan yang dimiliki oleh Al-Gazali di dasarkan atas rasa yang memancar dalam hati, bagaikan sumber air jernih, bukan dari hasil penyelidikan, tidak pula dari argumen-argumen ilmu kalam.
            Al-Gazali menentang dengan tegas orang-orang tasawuf yang meremehka upacara agama. Sebaliknya ia menganggap upacara tersebut sebagai suatu kewajiban yang harus dijalankan untuk mencapai kesempurnaan. Menjalankan upacara-upacara itu tidak hanya cukup dengan pekerjaan-pekerjaan lahiriah, melainkan dengan penuh pengertian akan makna-makna dan rahasianya yag tidak didapati dalam buku-buku fiqih.
4.      Pemikiran Al-Ghazali
1.      Epistimologi
Pada mulanya Al-Gazali beranggapan bahwa pengetahuan itu adalah hal-hal yang bisa dilihat dengan mata tetapi kemudian ternyata panca indra juga berdusta. Contohnya bayangan rumah, kelihatannya tak bergerak padahal terbukti bayangan itu berpindah tempat. Demikian juga dengan bintang-bintang di langit kelihatannya kecil, tetapi perhitungan menyatakan bahwa bintang-bintang itu lebih besar dari bumi. Al-Ghazali kemudian tidak mempercayai alat indra lagi, kemudian ia meletakkan kepercayaannya kepada akal. Namun, ia juga tidak percaya kepada akal karena pada saat bermimpi orang melihat hal-hal yang kebenarannya betul-betul, namun setelah bangun ia sadar bahwa apa yang ia lihat benar itu sebetulnya tidaklah benar. [10]
            Al-ghazali dalam proses pencarian ini ada kesan inkoherensi. Ia ingin mencari kebenaran yang universal melalui keyakinan, namun yang tercapai adalah kebenaran individual melalui al-dzawq. Dalam menceritakan proses pencariannya ini ia mengajak semua orang untuk meragukan taklid, indra dan akal untuk mencari sumber pengetahuan baru yang dapat di gunakan untuk mencapai kebenaran yang universal, tetapi jalan keluar yang di perolehnya dengan menemukan intuisi atau al-dzawq, menunjukkan bahwa yang di selamatkan dari keraguan yang telah ia ciptakan itu adalah orang-orang tertentu saja. Sebab, intuisi dan segala yang di peroleh dari padanya bersifat individual dan di capai oleh orang-orang tertentu.
Menurut Al-ghazali, lapangan filsafat ada enam, yaitu matematika, logika, fisika, etika, dan metafisika. Hubungan lapangan-lapangan tersebut berbeda dengan agama, ada yag berlawanan dan ada yang tidak berlawanan. Al-ghazali berpendapat bahwa agama tidak melarang atau memrintahkan mempelajari matematika karna ilmu ini adalah hasil pembuktian pemikiran yang tidak bisa di ingkari sesudah di ketahui dan di fahami. Logika menurut al-ghazali, tidak ada sangkut pautnya dengan agama. Logika besisi penyelidikan tentang dalil-dalil pembuktian, silogisme, syarat-syarat pembuktian, definisi. Semua persoalan ini tidak perlu di ingkari, sebab masih sejenis dengan di pergunakan mutakallimin. Ilmu fisika Al-ghazali, membicarakan tentag planet-planet, unsur-unsur tunggal, benda-benda tersusun, sebab-sebab perubahan kedokteran. dalam agama tidak di syaratkan mempelajari ilmu kedokteran sama halnya dengan ilmu fisika tidak perlu untuk di ingkari, kecuali dalam empat persoalan yaitu yang dapat di simpulkan bahwa alam semesta ini di kuasai oleh tuhan, tidak bekerja denga dirinya sendiri, tetapi bekerja karna tuhan, dzat penciptanya.[11]
Selanjutnya Al-ghazali membagi filsuf dalam tiga golongan, yaitu materialis, maturalis dan theis. Menurut Al-ghazali golongan yang pertama yaitu materialis, mereka tidak beragama karena mereka tidak mempercayai pencipta dan pengatur dunia dan meyakini bahwa dunia ini telah ada sejak dulu. Peristiwa-peristiwa alam adalah perubahan yag terus menerus. Naturalis dalam hal kepercayaan surga, neraka dan hari akhirat mereka memandang itu sebagai dongeng dan khayalan. Menurut Al-ghazali golongan ini juga tidak religius ( zindiq ). Kaum theis menurut Al-ghazali masih menyimpan sisa kekafiran dan paham bid’ah.
2.      Metafisika
Untuk pertama kalinya Al-Ghazali mempelajari karangan-karangan ahli filsafat terutama karangan Ibnu Sina. Setelah mempelajari filsafat dengan seksama, ia mengambil kesimpulan bahwa mempergunakan akal semata-mata dalam soal ketuhanan adalah seperti mempergunakan alat yang tidak mencukupi kebutuhan.
Al-Ghazali dalam Al-Munqidz min al-Dhalal menjelaskan bahwa jika berbicara mengenai ketuhanan (metafisika), maka disinilah terdapat sebagian besar kesalahan mereka (para filosof) karena tidak dapat mengemukakan bukti-bukti menurut syarat-syarat yang telah mereka tetapkan sendiri dalam ilmu logika.
Al-Ghazali meneliti kerja para filsuf dengan metodenya yang rasional, yang mengandalkan akal untuk memperoleh pengetahuan yang meyakinkan. Dia pun menekuni bidang filsafat secara otodidak sampai menghasilkan beberapa karya yang mengangkatnya sebagai filsuf. Tetapi hasil kajian ini mengantarkannya kepada kesimpulan bahwa metode rasional para filsuf tidak bisa dipercaya untuk memberikan suatu pengetahuan yang meyakinkan tentang hakikat sesuatu di bidang metafisika (ilahiyyat) dan sebagian dari bidang fisika (thabi’iyat) yang berkenaan dengan akidah Islam. Meskipun demikian, Al-Ghazali tetap memberikan kepercayaan terhadap kesahihan filsafat-filsafat di bidang lain, seperti logika dan matematika.[12]
Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, bahwa ada pemikiran tentang filsafat metafisika yang menurut al-Ghazali sangat berlawanan dengan Islam, dan karenanya para filosof dinyatakan kafir.  Dan berikut ini merupakan persoalan metafisika yang berlawanan dengan islam dan yg oleh karnanya para filosof harus dinyatakan sebagai orang atheis.[13]
1.      Qadimnya alam
2.      Tidak mengetahuinya tuhan terhadap soal soal peristiwa kecil
3.      Pengingkaran terhadap kebangkitan jasmani.

3.      Etika
Mengenai filsafat etika Al-Ghazali secara sekaligus dapat kita lihat pada teori tasawufnya dalam buku Ihya’ ‘Ulumuddin. Dengan kata lain, filsafat etika Al-Ghazali adalah teori tasawufnya itu. Mengenai tujuan pokok dari etika Al-Ghazali kita temui pada semboyan tasawuf yang terkenal “Al-Takhalluq Bi Akhlaqihi ‘Ala Thaqah al-Basyariyah, atau Al-Ishaf Bi Shifat al-Rahman ‘Ala Thaqah al-Basyariyah”. Maksudnya adalah agar manusia sejauh kesanggupannya meniru perangai dan sifat-sifat ketuhanan seperti pengasih, pemaaf, dan sifat-sifat yang disukai Tuhan, jujur, sabar, ikhlas dan sebagainya.
Sesuai dengan prinsip Islam, Al-Ghazali menganggap Tuhan sebagai pencipta yang aktif berkuasa, yang sangat memelihara dan menyebarkan rahmat (kebaikan) bagi sekalian alam. Berbeda dengan prinsip filsafat klasik Yunani yang menganggap bahwa Tuhan sebagai kebaikan yang tertinggi, tetapi pasif menanti, hanya menunggu pendekatan diri dari manusia, dan menganggap materi sebagai pangkal keburukan sama sekali.[14]



BAB III
PENUTUP
1.      Kesimpulan






Daftar Pustaka
Amrouni.2000. Pemikiran dan Dokrin Imam Al-Ghazali. Jakarta: Riova Cipta.
Daudy, Ahmad.1992. Kuliah Filsafat Islam. Jakarta: PT.Bulan Bintang
hanafi, Ahmad.1990. pengantar filsafat islam, Jakarta:PT Bulan Bintang.
sholeh,Khudori.2004. wacana baru filsafat islam. Jogja:Pustaka pelajar.




[1] Khudori sholeh, wacana baru filsafat islam,(Jogja;Pustaka pelajar. 2004).h 80
[2] Ahmad hanafi, pengantar filsafat islam, (Jakarta:PT Bulan Bintang.1990). h 135
[3]  Khudori sholeh, wacana baru filsafat islam,(Jogja;Pustaka pelajar. 2004).h 80
[4] Ibid h 135
[5] Ahmad  Daudy,Kuliah Filsafat Islam (Cet.3 Jakarta PT.Bulan Bintang 1992)h,.97-99
[6] Ahmad hanafi, pengantar filsafat islam, (Jakarta:PT Bulan Bintang.1990). h 141
[7] Ibid.h 152
[8] Ahmad  Daudy,Kuliah Filsafat Islam (Cet.3 Jakarta PT.Bulan Bintang 1992)
[9] Ahmad Hanafi, Pengantar  Filsafat Islam, Op. Cit. h. 138
[10] Amrouni. Pemikiran dan Dokrin Imam Al-Ghazali ( Cet I. Jakarta Riova Cipta, 2000).h 78
[11] Amrouni. Pemikiran dan Dokrin Imam Al-Ghazali ( Cet I. Jakarta Riova Cipta, 2000).h79
[12] Ibid. h 51
[13] Ahmad hanafi, pengantar filsafat islam, (Jakarta:PT Bulan Bintang.1990). h 138
[14] Amrouni. Pemikiran dan Dokrin Imam Al-Ghazali ( Cet I. Jakarta Riova Cipta, 2000).h 85

tags :

1 Komentar untuk "MAKALAH "Pemikiran Imam Al-Ghazali""

assalamualaikum mohon ijin kopy yah buat dipelajari.

Back to Top